>
iklan banner

Keuntungan Cloud Mining Dan Resiko Yang Dihadapi

Cloud mining bagi sebagian orang dianggap sangat praktis dan menjanjikan. Dalam perhitungan, keuntungan cloud mining sudah pasti tidak sebesar membangun rig mining sendiri. Karena dalam operasional penambangan membutuhkan perawatan dan beban listrik yang tinggi. Kebanyakan orang yang awam tentang pengetahuan komputer, tentunya memilih cloud mining merupakan solusi praktis. Tetapi dikalangan Geek atau yang suka oprek, cloud mining dianggap tidak memuaskan.

Keuntungan Cloud Mining

Cloud mining sebenarnya bukan menyewa hosting tetapi menyewa Hash power yang disediakan oleh provider. Kita tidak memerlukan host ataupun space seperti website untuk menempatkan software penambang. Jika provider mempunyai perangkat dengan total 10 Tera Hash, maka penawaran sewa cloud mining akan dibuka. Apabila seluruh hash habis terjual maka pengguna harus menunggu ketersediaan perangkat berikutnya.

Keuntungan Cloud Mining


Saat ini sangat banyak ditemukan website-website penyedia layanan cloud mining. Dari banyaknya penyedia layanan, beberapa diantaranya bisa menjamin dan benar-benar berada dibawah naungan perusahaan. Selain keuntungan cloud mining dan resiko yang dihadapi juga besar. 


Apa saja keuntungan cloud mining yang bisa diperoleh? Beberapa pertimbangan berikut ini bisa dijadikan dasar untuk memilih penambangan di luar rumah Anda:
  1. Cloud mining sudah pasti tidak membuat suasana ruangan berisik, tidak ada satu rig pun yang berdiri di rumah Anda. Semuanya di kontrol dari jarah jauh hanya dengan sebuah komputer.
  2. Mengurangi beban listrik dirumah, karena penambangan membutuhkan daya listrik besar. Sehingga tidak sesuai jika dibangun dengan tarif listrik rumahan. 
  3. Tidak perlu khawatir dengan adanya kerusakan ataupun penggantian hardware. Karena semua sudah disediakan oleh penyedia layanan cloud mining.
  4. Kita bebas melakukan aktifitas diluar rumah tanpa harus memikirkan kondisi rig mining. Tidak perlu khawatir adanya kendala jaringan dan sering terputusnya arus listrik.

Keuntungan cloud mining memang menggiurkan, tetapi perlu juga diperhatikan adanya kerugian di sistem ini. Yang perlu dipertanyakan, apabila suatu penyedia layanan tanpa henti menawarkan cloud mining. Ini yang terkadang masih buram, tidak ada kejelasan dimana lokasi penambangan. Dan satu hal yang perlu diingat, perangkat dan sumber listrik yang digunakan cukup besar dalam pembangunan cloud mining. 

Kerugian Dan Resiko Cloud Mining


Jangan terburu-buru dengan perhitungan keuntungan cloud mining, ada banyak kasus scam atau penipuan diluar sana. Beberapa permasalahan berikut paling sering dialami penambang kripto ketika menyewa cloud mining:
  1. Paling sering mengalami penipuan ataupun scam, dimana web host tidak jelas dan operasional penambangan termasuk buram.
  2. Sudah pasti keuntungan dalam menambang koin berkurang atau lebih rendah daripada membangun rig mining sendiri. Karena sebagian keuntungan akan dipotong dengan tagihan harian yang meliputi biaya perawatan dan beban listrik.
  3. Kontrak cloud mining bisa saja tiba-tiba dihentikan karena harga bitcoin yang tidak sesuai. Semua tergantung harga pasar bitcoin, nilai yang terlalu rendah tidak mungkin menutupi biaya operasional.

Tingkat kesulitan bitcoin setiap bulan terus meningkat. Sehingga jumlah Hash yang kita sewa bisa tidak sebanding dan jangka waktu profitabilitas bertambah lama. Bisa saja nilai investasi tidak kembali dalam hitungan bulan atau karena harga jual yang tidak sebanding. Seperti situs Eobot, saat ini menawarkan kontrak cloud mining diperpanjang selama 10 tahun yang sebelumnya hanya 5 tahun. Langkah ini diambil untuk mencegah pembengkakan tagihan listrik dan tingkat kesulitan penambangan yang terus meningkat.

Bagaimana cara menentukan resiko cloud mining, apakah suatu website merupakan penipuan atau scam? Secara teori, cloud mining menghasilkan keuntungan tidak lebih cepat daripada membangun rig mining sendiri. Sebagai contoh, perhitungan cloud mining di Eobot paling cepat menghasilkan profit diatas 3 tahun. Perhitungan diasumsikan dengan tingkat kesulitan dan nilai tukar bitcoin saat ini. 


Jika ada penyedia cloud mining menawarkan keuntungan jauh lebih cepat, perlu dipertanyakan sistemnya. Apakah termasuk scam, HYIP, atau mungkin saja menganut sistem multi level. Kebanyakan orang awam terjebak disisi menggiurkan, setelah investasi yang diperoleh justru kebalikannya. 
Previous
Next Post »
Loading...