>
iklan banner

Apa Yang Dimaksud Gas Dalam Blockchain Ethereum?

Beberapa orang yang menggunakan wallet di Metamask ataupun MyEtherwallet masih bingung dengan istilah 'Gas'. Apa yang dimaksud Gas Ethereum? Bagi pemula yang merasa bingung dengan adanya Gas, mungkin akan terkejut dengan tarif yang mahal. Harga yang tinggi ini bisa dilihat ketika ingin mengeluarkan aset atau withdraw dari salah satu wallet bursa kripto. Penerapan biaya transaksi yang tinggi biasanya disebabkan karena harga token tersebut masih sangat murah.

Apa yang dimaksud Gas Ethereum

Mengapa harus ada Gas disetiap transaksi token Ethereum? Berikut penjelasan singkat, apa yang dimaksud Gas dalam sistem blockchain Ethereum. Seperti halnya penambang Bitcoin yang memprioritaskan transaksi dengan biaya penambangan tertinggi. Hal yang sama juga terjadi pada block Ethereum, penambang bebas untuk mengabaikan transaksi dengan batas harga Gas yang terlalu rendah. 

Apa Yang Dimaksud Gas?


Dalam sistem, Gas adalah harga internal untuk menjalankan transaksi atau kontrak di Ethereum. Pada saat penulisan sebelum peluncuran Frontier, nilai ditetapkan 10 Szabo, sekitar 1/100,000 Ether. Angka ini digunakan untuk memisahkan unit Ether (ETH) dan nilai pasar pada unit untuk mengukur penggunaan Gas. Istilah Gas digunakan untuk mengukur penggunaan komputasi dalam sistem blockchain. 

Penambang ataupun pembuat token dapat mengubah nilai dengan cara menambah atau mengurangi penggunaan Gas sesuai kebutuhan. Harga gas dapat ditambah atau dikurangi untuk menghindari situasi kenaikan harga ETH yang bisa menyebabkan perubahan harga Gas. Penerapan ini juga membantu dalam penyimpanan, semakin lama pengguna blockchain Ethereum meningkat. Saat ini tercatat sekitar 34,132 token ERC20 yang berjalan di blok Ethereum.


Sebagai contoh ringan yang mudah dipahami, penerapan sistem Gas hampir sama dengan pemakaian Kwh listrik. Tetapi dalam Ethereum, pembuat transaksi dapat menetapkan harga Gas sehingga menyebabkan harga pasar berubah. Disini juga ada batas ukuran, sehingga setiap orang bisa membayar blok berikutnya dalam penambangan. 

Harga gas per transaksi atau per kontrak telah ditetapkan untuk menangani sifat Turing Complete dari dan EVM (Ethereum Virtual Machine Code) untuk membatasi loop tak terbatas. Jika ada 10 Szabo, atau 0,00001 Eth, ataupun 1 Gas, nilai ini bisa mengeksekusi berapapun baris kode yang diinginkan. Jika tidak cukup untuk bertransaksi maka akan dianggap tidak valid. 


Penggunaan tarif Gas sebenarnya untuk mengatasi serangan Denial of Service dari loop tak terbatas. Sehingga membuat penyerang harus membayar sumber daya yang digunakan. Termasuk bandwidth sampai perhitungan CPU, hingga penyimpanan. Jadi, semakin kompleks perintah yang ingin dieksekusi, semakin banyak Gas yang harus dibayar. 
Previous
Next Post »
Loading...